TULLAMARINE (DP) — Jika akhir Juni 2011 Honda CBR 150R mendarat di Indonesia, maka para penyuka Honda CBR 125R 2011 di Australia bisa menikmatinya mulai Juli ini.
Honda Motorcycle Australia mengklaim CBR 125R sebagai sepeda motor ideal pertama di sana sejak lama. Dan, kini, hadir dengan berbagai pembaruan.Desain barunya membuat ‘tongkrongan’ CBR 125R 2011 menjadi lebih besar, kekar, dan mengesankan. Rangka baja twin-spar berbentuk berlian dengan geometry sportif dirancang untuk menyajikan handling sempurna.
Sistem injeksi bensin PGM-FI sports bike berbobot 137 kg ini mengalami revisi yang menjamin konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih hemat dari model sebelumnya.
Komponen-komponen suspensi premium CBR 125R menjamin pengendaraan dan kontrol sangat mengesankan. Roda depan dikendalikan garpu teleskopik hidrolis 31 mm. Roda belakang dijinakkan swingarm baja dengan Monoshock — katanya memberi kontrol sporty.
HMA menawarkan CBR 125R dalam beberapa pilihan warna; Terra Silver Metallic, Ross White Tricolour dan Asteroid Black Metallic. Harga CBR 125R 2011 AUS$ 3.990 (sekitar Rp 36,6 juta) di Australia. [dp/Ind]
Caterham Masuk ke F1 di Team Lotus
CATERHAM (DP) — Caterham, produsen sports car asal Inggris, akan masuk ke balap F1 mulai F1 GP UK 2011 di sirkuit Silverstone. Caterham akan bergabung dengan Team Lotus.
Masuknya Caterham di puncak motorsport menjadi salah satu bagian strateginya untuk masuk pasar global. Langkah Caterham ini setelah 50 tahun Innes Ireland memberikan kemenangan pertama Team Lotus di F1 USA.
Sebenarnya antara Caterham dan Lotus memiliki sejarah. Caterham Cars didirikan Graham Nearn pada 1960. Saat itu Caterham Cars bertindak sebagai dealer Lotus Seven — didesain Colin Chapman. Colin masuk ke F1 pada 1954.
Pada 1973, Caterham diberi ijin untuk memproduksi Seven. Setelah bertahun-tahun Caterham Seven berevolusi sebagai supercar yang terkenal hingga hari ini. Dan Caterham berkembang menjadi merek independen.
Team Lotus dimiliki Tony Fernandes, pemilik AirAsia. Tulisan Caterham bisa kita temui di sidepods mobil Heikki Kovalainen dan Jarno Trulli. [dp/Ind]
Masuknya Caterham di puncak motorsport menjadi salah satu bagian strateginya untuk masuk pasar global. Langkah Caterham ini setelah 50 tahun Innes Ireland memberikan kemenangan pertama Team Lotus di F1 USA.
Sebenarnya antara Caterham dan Lotus memiliki sejarah. Caterham Cars didirikan Graham Nearn pada 1960. Saat itu Caterham Cars bertindak sebagai dealer Lotus Seven — didesain Colin Chapman. Colin masuk ke F1 pada 1954.
Pada 1973, Caterham diberi ijin untuk memproduksi Seven. Setelah bertahun-tahun Caterham Seven berevolusi sebagai supercar yang terkenal hingga hari ini. Dan Caterham berkembang menjadi merek independen.
Team Lotus dimiliki Tony Fernandes, pemilik AirAsia. Tulisan Caterham bisa kita temui di sidepods mobil Heikki Kovalainen dan Jarno Trulli. [dp/Ind]
Piaggio Scarabeo 125 – 200 ie 2012: Semakin Ideal di
PONTEDERA (DP) — Piaggio Scarabeo 125 ie 2012 dan Piaggio Scarabeo 200 ie 2012 diperkenalkan.
Beberapa penyempurnaan dilakukan Piaggio terhadap entry-level Scarabeo ini, namun tetap menghadirkan nuansa klasik.
Revisi dimulai dari shield (perisai) depan yang memamerkan kisi-kisi oval anyar.
Lampu sein berada di bawah kemudi. Kemudinya sendiri berdesain baru dan menjadi tempat bagi kaca spion berumah chrome.
Fender didesain ulang sehingga bentuknya menjadi lebih seksi dan mengoptimalkan aliran udara ke radiator.
Bagian buritan dan lampunya diganti total plus saddle baru. Joknya, sekarang, terpisah sehingga membuat pengemudi dan penumpangnya lebih nyaman berada di atasnya.
Windshield terintegrasi ke dalam setang. Dashboard analog-digital dengan on-board komputer ditawarkan Scarabeo 2012.
Piaggio memasang pembaca temperatur luar dengan ‘ice warning’. Lengan tuas stand direvisi sedemikian rupa sehingga memudahkan Anda untuk parkir.
Kedua skutik yang ideal untuk perkotaan ini diklaim memiliki getaran minim dan beremisi rendah. Mesinnya berpendingin cairan, 4-valve timing DOHC, serta mengadopsi electronic fuel injection.
Anda bisa memilih pengendaraan ECO atau Sport. Tentu, dengan memilih ECO konsumsi bensin menjadi lebih irit 7%.
Dapur pacu Scarabeo 200 ie melepaskan tenaga 19 hp pada 9000 rpm dan torsi 17,1 Nm pada 4000 rpm. Scarabeo 125 ie memuntahkan tenaga 14,3 Nm.
Scarabeo 125/200 ie tersedia dalam 6 warna metallic: Nero Aprilia, Bianco Flair, Silver Crowd, Blu Couture, Rosa Silk dan Rosso Luxury. [dp/Ind]
KTM akan Ikut Moto3 2012
MATTIGHOFEN (DP) — KTM mengumumkan dirinya akan kembali ke dunia balap MotoGP. KTM akan mengikuti seri-seri Moto3 2012.
Persiapan sepeda motor sedang berjalan dan 100% dikerjakan oleh tim KTM Motorsports Department di bawah komando Wolfgang Felber. Sementara mesinnya didatangkan langsung dari Jerman, disuplai Kalex Engineering.
Kalex Engineering merupakan spesialis di bidang teknik otomotif serta dalam pengembangan, desain, fabrikasi dan layanan-layanan terkait. Perusahaan yang bermarkas di Bobingen ini tengah menikmati keberhasilan mengesankan di Moto2 2011. Kalex Engineering berkonsentrasi kepada Rekayasa, Layanan Balap dan Fabrikasi.
Belum ada detail dan spesifikasi sepeda motor dan mesin yang akan dipakai. Namun, dipastikan mesinnya 250 cc, 4-stroke, dan 1-silinder.
“Kami melakukan pendekatan di balap entry-level Moto3 dengan percaya diri. KTM sangat termotivasi untuk mengembangkan sepeda motor yang mampu menang dalam kategori Moto3 baru,” tegas Pit Beirer, Head of KTM Motorsports.
Musim depan Moto3 akan menggunakan mesin 125cc, 1-silinder, 4-stroke, menggantikan mesin 125cc, 2-stroke. [dp/Ind]
Persiapan sepeda motor sedang berjalan dan 100% dikerjakan oleh tim KTM Motorsports Department di bawah komando Wolfgang Felber. Sementara mesinnya didatangkan langsung dari Jerman, disuplai Kalex Engineering.
Kalex Engineering merupakan spesialis di bidang teknik otomotif serta dalam pengembangan, desain, fabrikasi dan layanan-layanan terkait. Perusahaan yang bermarkas di Bobingen ini tengah menikmati keberhasilan mengesankan di Moto2 2011. Kalex Engineering berkonsentrasi kepada Rekayasa, Layanan Balap dan Fabrikasi.
Belum ada detail dan spesifikasi sepeda motor dan mesin yang akan dipakai. Namun, dipastikan mesinnya 250 cc, 4-stroke, dan 1-silinder.
“Kami melakukan pendekatan di balap entry-level Moto3 dengan percaya diri. KTM sangat termotivasi untuk mengembangkan sepeda motor yang mampu menang dalam kategori Moto3 baru,” tegas Pit Beirer, Head of KTM Motorsports.
Musim depan Moto3 akan menggunakan mesin 125cc, 1-silinder, 4-stroke, menggantikan mesin 125cc, 2-stroke. [dp/Ind]
Honda NSF250R untuk Moto3 2012
MONTMELO (DP) — Honda Racing Corporation mengenalkan NSF250R untuk Moto3 2012. Peluncuran calon sepeda motor balap di kelas Moto3 ini dilakukan sirkuit Catalunya, Montmelo, Spanyol.
Executive Vice-President Shuhei Nakamoto dan Boss Project Development Yoshiyuki Kurayoshi HRC memamerkannya ke para jurnalis 2 Juni 2011.
Sepeda motor 1-silinder, 4-stroke, berpendingin cair, ini akan menggantikan kuda besi bermesin 125cc, 2-stroke, yang masih digunakan di GP125. NSF250R 2012 masih mewarisi kehebatan chassis dan geometri sepeda motor 2-stroke.
Beberapa pembenahan dilakukan HRC termasuk penggunaan katup dari titanium dan bobot sebesar 84 kg.
“Tujuan kami adalah untuk memperluas dasar motorsport melalui kelas Moto3, dan sukacita terbesar untuk kelas ini akan menjadi batu loncatan guna menjadi juara di masa depan,” kata Nakamoto.
Demonstrasi NSF250R 2012 dilakukan di sirkuit Catalunya, pada 3 Juni 2011, pukul 17.00 waktu setempat.
Pembelian unit NSF250R 2012 dimulai akhir 2011. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu,com
Executive Vice-President Shuhei Nakamoto dan Boss Project Development Yoshiyuki Kurayoshi HRC memamerkannya ke para jurnalis 2 Juni 2011.
Sepeda motor 1-silinder, 4-stroke, berpendingin cair, ini akan menggantikan kuda besi bermesin 125cc, 2-stroke, yang masih digunakan di GP125. NSF250R 2012 masih mewarisi kehebatan chassis dan geometri sepeda motor 2-stroke.
Beberapa pembenahan dilakukan HRC termasuk penggunaan katup dari titanium dan bobot sebesar 84 kg.
“Tujuan kami adalah untuk memperluas dasar motorsport melalui kelas Moto3, dan sukacita terbesar untuk kelas ini akan menjadi batu loncatan guna menjadi juara di masa depan,” kata Nakamoto.
Demonstrasi NSF250R 2012 dilakukan di sirkuit Catalunya, pada 3 Juni 2011, pukul 17.00 waktu setempat.
Pembelian unit NSF250R 2012 dimulai akhir 2011. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu,com
Casey Stoner Tunggangi Skuter Listrik di Catalunya
MONTMELO (DP) — Pernahkah Anda mendengar Casey Stoner atau Dani Pedrosa membalap menggunakan sepeda motor listrik? Mungkin belum.
Namun, Honda telah merancang edisi khusus sepeda motor listrik Honda EV-neo untuk tim Repsol Honda. EV-neo digunakan tim untuk mengangkut atau memindahkan komponen-komponen serta para pebalap. Bukannya tidak mungkin para pebalap menggunakannnya untuk inspeksi sirkuit sebelum menggunakan sepeda motor sesungguhnya.
Honda memproduksi EV-neo untuk kepentingan bisnis seperti mengangkut beban atau jasa pengiriman. Honda EV-neo menjanjikan pengendaraan yang lembut serta bersih.
Honda telah menjual EV-neo sejak akhir 2010 di Jepang. Baterei skuter ini dapat diisi ulang (recharge) dalam 30 menit dengan suhu lingkungan 25°C.
EV-neo yang dipakai Repsol Honda diberi seragam istimewa guna menyesuaikan dengan tim balap MotoGP ini. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
Namun, Honda telah merancang edisi khusus sepeda motor listrik Honda EV-neo untuk tim Repsol Honda. EV-neo digunakan tim untuk mengangkut atau memindahkan komponen-komponen serta para pebalap. Bukannya tidak mungkin para pebalap menggunakannnya untuk inspeksi sirkuit sebelum menggunakan sepeda motor sesungguhnya.
Honda memproduksi EV-neo untuk kepentingan bisnis seperti mengangkut beban atau jasa pengiriman. Honda EV-neo menjanjikan pengendaraan yang lembut serta bersih.
Honda telah menjual EV-neo sejak akhir 2010 di Jepang. Baterei skuter ini dapat diisi ulang (recharge) dalam 30 menit dengan suhu lingkungan 25°C.
EV-neo yang dipakai Repsol Honda diberi seragam istimewa guna menyesuaikan dengan tim balap MotoGP ini. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
Audi R8 GT Spyder 2011 Hanya Diproduksi 333 Unit
INGOLSTADT (DP) — Setahun lalu Audi R8 GT Coupe diluncurkan. Setelah 333 unit edisi terbatas tersebut ‘menguap’ dibeli para pecintanya, kini, giliran Audi R8 GT Spyder diluncurkan.
Seperti halnya versi coupe, Audi R8 GT Spyder hanya akan dijual sebanyak 333 unit. Harganya akan dibanderol 207.800 Euro atau Rp 2,6 miliar.
Sports car bertransmisi R tronic 6-speed ini membopong mesin V10, 5200 cc, FSI, dengan crankcase alumunium. Tenaga dan torsi puncak yang diletupkan 540 Nm pada 6.500 rpm dan 560 hp. Tenaganya diserahkan ke semua roda (quattro).
Akselerasi 0-100 kpj diselesaikan dalam 3,8 detik dan top speed 317 kpj.
R8 GT Spyder menganut konsep ultra-ringan. Bobotnya hanya 1.640 kg atau 85 kg lebih ringan daru R8 Spyder 5.2 quattro. Audi menggunakan komponen-komponen ringan. Misalkan saja frame mesin terbuat dari magnesium, penutup panjang di atas kompartemen atap lunak dan panel samping body bermaterial carbon fiber-reinforced polymer (CFRP).
CFRP juga digunakan untuk poiler depan, spoiler belakang dan bumper belakang. Komponen-komponen ini memberikan penghematan berat 5,5 kilogram.
Interior tersajikan dalam warna hitam dengan jahitan titanium abu-abu atau merah tua. Pelapis Alcantara ditemukan di bagian kemudi dan bingkai kaca.
Lampu depan dan belakang LED. AC, sistem navigasi satelit, sistem informasi untuk pengemudi dan sistem alarm menjadi fitur-fitur standar.
Sport car ber-audio Bang & Olufsen diperkaya dengan Bluetooth dan satu mikrophone di seatbelt untuk melayani percakapan telepon Anda.
R8 GT Spyder dibekali velg 19″ dengan ban ukuran 235/35 depan dan 295/30 belakang. Rem cakram keramik super ringan dijamin memberi daya deselerasi yang sangat baik. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
Seperti halnya versi coupe, Audi R8 GT Spyder hanya akan dijual sebanyak 333 unit. Harganya akan dibanderol 207.800 Euro atau Rp 2,6 miliar.
Sports car bertransmisi R tronic 6-speed ini membopong mesin V10, 5200 cc, FSI, dengan crankcase alumunium. Tenaga dan torsi puncak yang diletupkan 540 Nm pada 6.500 rpm dan 560 hp. Tenaganya diserahkan ke semua roda (quattro).
Akselerasi 0-100 kpj diselesaikan dalam 3,8 detik dan top speed 317 kpj.
R8 GT Spyder menganut konsep ultra-ringan. Bobotnya hanya 1.640 kg atau 85 kg lebih ringan daru R8 Spyder 5.2 quattro. Audi menggunakan komponen-komponen ringan. Misalkan saja frame mesin terbuat dari magnesium, penutup panjang di atas kompartemen atap lunak dan panel samping body bermaterial carbon fiber-reinforced polymer (CFRP).
CFRP juga digunakan untuk poiler depan, spoiler belakang dan bumper belakang. Komponen-komponen ini memberikan penghematan berat 5,5 kilogram.
Interior tersajikan dalam warna hitam dengan jahitan titanium abu-abu atau merah tua. Pelapis Alcantara ditemukan di bagian kemudi dan bingkai kaca.
Lampu depan dan belakang LED. AC, sistem navigasi satelit, sistem informasi untuk pengemudi dan sistem alarm menjadi fitur-fitur standar.
Sport car ber-audio Bang & Olufsen diperkaya dengan Bluetooth dan satu mikrophone di seatbelt untuk melayani percakapan telepon Anda.
R8 GT Spyder dibekali velg 19″ dengan ban ukuran 235/35 depan dan 295/30 belakang. Rem cakram keramik super ringan dijamin memberi daya deselerasi yang sangat baik. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
Aprilia RS4 50 2011 Sportbike untuk Para Pemula
PONTEDERA (DP) — Aprilia menawarkan Aprilia RS4 50 2011 kepada para pengendara pemula yang berusia muda.
Aprilia mengklaim RS4 50 memungkinkan para penggemar muda untuk mengambil keuntungan dari tingkat maksimum inovasi teknologi, efisiensi chassis, keselamatan aktif dan kualitas komponen.
RS4 50 menggendong mesin 50cc, 1-silinder, 2-stroke, berpendingin cair, dengan dikencani transmisi 6-speed. Chassis RS4 50 dikembangkan dari pengalaman Aprilia di World Superbike Championship dan MotoGP 125 dan 250.
Chassis ringan RS4 50 menawarkan kekakuan yang sangat tinggi. Spars terbuat dari alumunium dengan rusuk-rusuk menyilang yang kuat.
RS4 50 dibekali panel instrumen analog/digital dengan layar LCD, yang diambil dari saudaranya Aprilia RSV4.
Karakter sport bike RS4 50 diperkuat dengan desain velg 6-spoke. Pelana penumpang dibuat sedemikian rupa agar membuat nyaman. Sebuah tombol disiapkan Aprilia untuk melepas jok belakang dengan cepat dan praktis, dengan begitu Anda dapat memasang tail fairing cover. Di bawah pelana terdapat ruang penyimpanan yang lumayan untuk menyimpan benda-benda.
Aprilia menawarkan RS4 50 dengan dua pilihn warna; Racing Black dan Racing White. Keduanya merupakan replika warna Aprilia di Superbike. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
APRILIA RS4 50 – Technical specifications
Aprilia mengklaim RS4 50 memungkinkan para penggemar muda untuk mengambil keuntungan dari tingkat maksimum inovasi teknologi, efisiensi chassis, keselamatan aktif dan kualitas komponen.
RS4 50 menggendong mesin 50cc, 1-silinder, 2-stroke, berpendingin cair, dengan dikencani transmisi 6-speed. Chassis RS4 50 dikembangkan dari pengalaman Aprilia di World Superbike Championship dan MotoGP 125 dan 250.
Chassis ringan RS4 50 menawarkan kekakuan yang sangat tinggi. Spars terbuat dari alumunium dengan rusuk-rusuk menyilang yang kuat.
RS4 50 dibekali panel instrumen analog/digital dengan layar LCD, yang diambil dari saudaranya Aprilia RSV4.
Karakter sport bike RS4 50 diperkuat dengan desain velg 6-spoke. Pelana penumpang dibuat sedemikian rupa agar membuat nyaman. Sebuah tombol disiapkan Aprilia untuk melepas jok belakang dengan cepat dan praktis, dengan begitu Anda dapat memasang tail fairing cover. Di bawah pelana terdapat ruang penyimpanan yang lumayan untuk menyimpan benda-benda.
Aprilia menawarkan RS4 50 dengan dua pilihn warna; Racing Black dan Racing White. Keduanya merupakan replika warna Aprilia di Superbike. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
APRILIA RS4 50 – Technical specifications
Engine type | Single-cylinder, two stroke, carburettor, liquid cooled. |
Bore and stroke | 39.86 x 40 mm |
Engine capacity | 49.9cc |
Compression ratio | 11.5 :1 |
Ignition | Electronic with CDI capacity discharge |
Start up | Electric |
Lubrication | Automatic mixer |
Gearbox | 6 Ratios, 1st 11/34, 2nd 15/30, 3rd 18/27, 4th 20/24, 5th 22/23, 6th 23/22 |
Primary drive | Gears, 21/78 |
Final drive | Chain, 11/53 |
Clutch | Multiplate wet clutch |
Frame | Twin spar aluminium frame |
Front suspension | 41 mm upside down fork, wheel travel 110 mm |
Rear suspension | Asymmetric swingarm with monoshock, wheel travel 130 mm |
Brakes | Front: 300 mm stainless steel disc with radial 4 piston calliper |
| Rear: 218 mm stainless steel disc and calliper with single 30 mm piston |
Wheel rims | In light alloy with 6 split spokes, with sealing profile for tubeless tyres; front: 2.75 x 17″; rear: 3.50 x 17″ |
Tyres | Front: 100/80 – 17″, rear: 130/70 – 17″ |
Dimensions | Max Length 1953 mmMax width 740 mm Max height at top fairing 1,138 mm Saddle height 820 mm Wheelbase 1,350 mm |
Fuel tank capacity | 14.5 litres (including 3.5 litre reserve) |
Emissions compliance | Euro 2 |
TULLAMARINE (DP) — Jika akhir Juni 2011 Honda CBR 150R mendarat di Indonesia, maka para penyuka Honda CBR 125R 2011 di Australia bisa menikmatinya mulai Juli ini.
Honda Motorcycle Australia mengklaim CBR 125R sebagai sepeda motor ideal pertama di sana sejak lama. Dan, kini, hadir dengan berbagai pembaruan.
Desain barunya membuat ‘tongkrongan’ CBR 125R 2011 menjadi lebih besar, kekar, dan mengesankan. Rangka baja twin-spar berbentuk berlian dengan geometry sportif dirancang untuk menyajikan handling sempurna.
Sistem injeksi bensin PGM-FI sports bike berbobot 137 kg ini mengalami revisi yang menjamin konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih hemat dari model sebelumnya.
Komponen-komponen suspensi premium CBR 125R menjamin pengendaraan dan kontrol sangat mengesankan. Roda depan dikendalikan garpu teleskopik hidrolis 31 mm. Roda belakang dijinakkan swingarm baja dengan Monoshock — katanya memberi kontrol sporty.
HMA menawarkan CBR 125R dalam beberapa pilihan warna; Terra Silver Metallic, Ross White Tricolour dan Asteroid Black Metallic. Harga CBR 125R 2011 AUS$ 3.990 (sekitar Rp 36,6 juta) di Australia. [dp/Ind]
Honda Motorcycle Australia mengklaim CBR 125R sebagai sepeda motor ideal pertama di sana sejak lama. Dan, kini, hadir dengan berbagai pembaruan.
Desain barunya membuat ‘tongkrongan’ CBR 125R 2011 menjadi lebih besar, kekar, dan mengesankan. Rangka baja twin-spar berbentuk berlian dengan geometry sportif dirancang untuk menyajikan handling sempurna.
Sistem injeksi bensin PGM-FI sports bike berbobot 137 kg ini mengalami revisi yang menjamin konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih hemat dari model sebelumnya.
Komponen-komponen suspensi premium CBR 125R menjamin pengendaraan dan kontrol sangat mengesankan. Roda depan dikendalikan garpu teleskopik hidrolis 31 mm. Roda belakang dijinakkan swingarm baja dengan Monoshock — katanya memberi kontrol sporty.
HMA menawarkan CBR 125R dalam beberapa pilihan warna; Terra Silver Metallic, Ross White Tricolour dan Asteroid Black Metallic. Harga CBR 125R 2011 AUS$ 3.990 (sekitar Rp 36,6 juta) di Australia. [dp/Ind]
Caterham Masuk ke F1 di Team Lotus
CATERHAM (DP) — Caterham, produsen sports car asal Inggris, akan masuk ke balap F1 mulai F1 GP UK 2011 di sirkuit Silverstone. Caterham akan bergabung dengan Team Lotus.
Masuknya Caterham di puncak motorsport menjadi salah satu bagian strateginya untuk masuk pasar global. Langkah Caterham ini setelah 50 tahun Innes Ireland memberikan kemenangan pertama Team Lotus di F1 USA.
Sebenarnya antara Caterham dan Lotus memiliki sejarah. Caterham Cars didirikan Graham Nearn pada 1960. Saat itu Caterham Cars bertindak sebagai dealer Lotus Seven — didesain Colin Chapman. Colin masuk ke F1 pada 1954.
Pada 1973, Caterham diberi ijin untuk memproduksi Seven. Setelah bertahun-tahun Caterham Seven berevolusi sebagai supercar yang terkenal hingga hari ini. Dan Caterham berkembang menjadi merek independen.
Team Lotus dimiliki Tony Fernandes, pemilik AirAsia. Tulisan Caterham bisa kita temui di sidepods mobil Heikki Kovalainen dan Jarno Trulli. [dp/Ind]
Masuknya Caterham di puncak motorsport menjadi salah satu bagian strateginya untuk masuk pasar global. Langkah Caterham ini setelah 50 tahun Innes Ireland memberikan kemenangan pertama Team Lotus di F1 USA.
Sebenarnya antara Caterham dan Lotus memiliki sejarah. Caterham Cars didirikan Graham Nearn pada 1960. Saat itu Caterham Cars bertindak sebagai dealer Lotus Seven — didesain Colin Chapman. Colin masuk ke F1 pada 1954.
Pada 1973, Caterham diberi ijin untuk memproduksi Seven. Setelah bertahun-tahun Caterham Seven berevolusi sebagai supercar yang terkenal hingga hari ini. Dan Caterham berkembang menjadi merek independen.
Team Lotus dimiliki Tony Fernandes, pemilik AirAsia. Tulisan Caterham bisa kita temui di sidepods mobil Heikki Kovalainen dan Jarno Trulli. [dp/Ind]
Piaggio Scarabeo 125 – 200 ie 2012: Semakin Ideal di
PONTEDERA (DP) — Piaggio Scarabeo 125 ie 2012 dan Piaggio Scarabeo 200 ie 2012 diperkenalkan.
Beberapa penyempurnaan dilakukan Piaggio terhadap entry-level Scarabeo ini, namun tetap menghadirkan nuansa klasik.
Revisi dimulai dari shield (perisai) depan yang memamerkan kisi-kisi oval anyar.
Lampu sein berada di bawah kemudi. Kemudinya sendiri berdesain baru dan menjadi tempat bagi kaca spion berumah chrome.
Fender didesain ulang sehingga bentuknya menjadi lebih seksi dan mengoptimalkan aliran udara ke radiator.
Bagian buritan dan lampunya diganti total plus saddle baru. Joknya, sekarang, terpisah sehingga membuat pengemudi dan penumpangnya lebih nyaman berada di atasnya.
Windshield terintegrasi ke dalam setang. Dashboard analog-digital dengan on-board komputer ditawarkan Scarabeo 2012.
Piaggio memasang pembaca temperatur luar dengan ‘ice warning’. Lengan tuas stand direvisi sedemikian rupa sehingga memudahkan Anda untuk parkir.
Kedua skutik yang ideal untuk perkotaan ini diklaim memiliki getaran minim dan beremisi rendah. Mesinnya berpendingin cairan, 4-valve timing DOHC, serta mengadopsi electronic fuel injection.
Anda bisa memilih pengendaraan ECO atau Sport. Tentu, dengan memilih ECO konsumsi bensin menjadi lebih irit 7%.
Dapur pacu Scarabeo 200 ie melepaskan tenaga 19 hp pada 9000 rpm dan torsi 17,1 Nm pada 4000 rpm. Scarabeo 125 ie memuntahkan tenaga 14,3 Nm.
Scarabeo 125/200 ie tersedia dalam 6 warna metallic: Nero Aprilia, Bianco Flair, Silver Crowd, Blu Couture, Rosa Silk dan Rosso Luxury. [dp/Ind]
KTM akan Ikut Moto3 2012
MATTIGHOFEN (DP) — KTM mengumumkan dirinya akan kembali ke dunia balap MotoGP. KTM akan mengikuti seri-seri Moto3 2012.
Persiapan sepeda motor sedang berjalan dan 100% dikerjakan oleh tim KTM Motorsports Department di bawah komando Wolfgang Felber. Sementara mesinnya didatangkan langsung dari Jerman, disuplai Kalex Engineering.
Kalex Engineering merupakan spesialis di bidang teknik otomotif serta dalam pengembangan, desain, fabrikasi dan layanan-layanan terkait. Perusahaan yang bermarkas di Bobingen ini tengah menikmati keberhasilan mengesankan di Moto2 2011. Kalex Engineering berkonsentrasi kepada Rekayasa, Layanan Balap dan Fabrikasi.
Belum ada detail dan spesifikasi sepeda motor dan mesin yang akan dipakai. Namun, dipastikan mesinnya 250 cc, 4-stroke, dan 1-silinder.
“Kami melakukan pendekatan di balap entry-level Moto3 dengan percaya diri. KTM sangat termotivasi untuk mengembangkan sepeda motor yang mampu menang dalam kategori Moto3 baru,” tegas Pit Beirer, Head of KTM Motorsports.
Musim depan Moto3 akan menggunakan mesin 125cc, 1-silinder, 4-stroke, menggantikan mesin 125cc, 2-stroke. [dp/Ind]
Persiapan sepeda motor sedang berjalan dan 100% dikerjakan oleh tim KTM Motorsports Department di bawah komando Wolfgang Felber. Sementara mesinnya didatangkan langsung dari Jerman, disuplai Kalex Engineering.
Kalex Engineering merupakan spesialis di bidang teknik otomotif serta dalam pengembangan, desain, fabrikasi dan layanan-layanan terkait. Perusahaan yang bermarkas di Bobingen ini tengah menikmati keberhasilan mengesankan di Moto2 2011. Kalex Engineering berkonsentrasi kepada Rekayasa, Layanan Balap dan Fabrikasi.
Belum ada detail dan spesifikasi sepeda motor dan mesin yang akan dipakai. Namun, dipastikan mesinnya 250 cc, 4-stroke, dan 1-silinder.
“Kami melakukan pendekatan di balap entry-level Moto3 dengan percaya diri. KTM sangat termotivasi untuk mengembangkan sepeda motor yang mampu menang dalam kategori Moto3 baru,” tegas Pit Beirer, Head of KTM Motorsports.
Musim depan Moto3 akan menggunakan mesin 125cc, 1-silinder, 4-stroke, menggantikan mesin 125cc, 2-stroke. [dp/Ind]
Honda NSF250R untuk Moto3 2012
MONTMELO (DP) — Honda Racing Corporation mengenalkan NSF250R untuk Moto3 2012. Peluncuran calon sepeda motor balap di kelas Moto3 ini dilakukan sirkuit Catalunya, Montmelo, Spanyol.
Executive Vice-President Shuhei Nakamoto dan Boss Project Development Yoshiyuki Kurayoshi HRC memamerkannya ke para jurnalis 2 Juni 2011.
Sepeda motor 1-silinder, 4-stroke, berpendingin cair, ini akan menggantikan kuda besi bermesin 125cc, 2-stroke, yang masih digunakan di GP125. NSF250R 2012 masih mewarisi kehebatan chassis dan geometri sepeda motor 2-stroke.
Beberapa pembenahan dilakukan HRC termasuk penggunaan katup dari titanium dan bobot sebesar 84 kg.
“Tujuan kami adalah untuk memperluas dasar motorsport melalui kelas Moto3, dan sukacita terbesar untuk kelas ini akan menjadi batu loncatan guna menjadi juara di masa depan,” kata Nakamoto.
Demonstrasi NSF250R 2012 dilakukan di sirkuit Catalunya, pada 3 Juni 2011, pukul 17.00 waktu setempat.
Pembelian unit NSF250R 2012 dimulai akhir 2011. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu,com
Executive Vice-President Shuhei Nakamoto dan Boss Project Development Yoshiyuki Kurayoshi HRC memamerkannya ke para jurnalis 2 Juni 2011.
Sepeda motor 1-silinder, 4-stroke, berpendingin cair, ini akan menggantikan kuda besi bermesin 125cc, 2-stroke, yang masih digunakan di GP125. NSF250R 2012 masih mewarisi kehebatan chassis dan geometri sepeda motor 2-stroke.
Beberapa pembenahan dilakukan HRC termasuk penggunaan katup dari titanium dan bobot sebesar 84 kg.
“Tujuan kami adalah untuk memperluas dasar motorsport melalui kelas Moto3, dan sukacita terbesar untuk kelas ini akan menjadi batu loncatan guna menjadi juara di masa depan,” kata Nakamoto.
Demonstrasi NSF250R 2012 dilakukan di sirkuit Catalunya, pada 3 Juni 2011, pukul 17.00 waktu setempat.
Pembelian unit NSF250R 2012 dimulai akhir 2011. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu,com
Casey Stoner Tunggangi Skuter Listrik di Catalunya
MONTMELO (DP) — Pernahkah Anda mendengar Casey Stoner atau Dani Pedrosa membalap menggunakan sepeda motor listrik? Mungkin belum.
Namun, Honda telah merancang edisi khusus sepeda motor listrik Honda EV-neo untuk tim Repsol Honda. EV-neo digunakan tim untuk mengangkut atau memindahkan komponen-komponen serta para pebalap. Bukannya tidak mungkin para pebalap menggunakannnya untuk inspeksi sirkuit sebelum menggunakan sepeda motor sesungguhnya.
Honda memproduksi EV-neo untuk kepentingan bisnis seperti mengangkut beban atau jasa pengiriman. Honda EV-neo menjanjikan pengendaraan yang lembut serta bersih.
Honda telah menjual EV-neo sejak akhir 2010 di Jepang. Baterei skuter ini dapat diisi ulang (recharge) dalam 30 menit dengan suhu lingkungan 25°C.
EV-neo yang dipakai Repsol Honda diberi seragam istimewa guna menyesuaikan dengan tim balap MotoGP ini. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
Namun, Honda telah merancang edisi khusus sepeda motor listrik Honda EV-neo untuk tim Repsol Honda. EV-neo digunakan tim untuk mengangkut atau memindahkan komponen-komponen serta para pebalap. Bukannya tidak mungkin para pebalap menggunakannnya untuk inspeksi sirkuit sebelum menggunakan sepeda motor sesungguhnya.
Honda memproduksi EV-neo untuk kepentingan bisnis seperti mengangkut beban atau jasa pengiriman. Honda EV-neo menjanjikan pengendaraan yang lembut serta bersih.
Honda telah menjual EV-neo sejak akhir 2010 di Jepang. Baterei skuter ini dapat diisi ulang (recharge) dalam 30 menit dengan suhu lingkungan 25°C.
EV-neo yang dipakai Repsol Honda diberi seragam istimewa guna menyesuaikan dengan tim balap MotoGP ini. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
Audi R8 GT Spyder 2011 Hanya Diproduksi 333 Unit
INGOLSTADT (DP) — Setahun lalu Audi R8 GT Coupe diluncurkan. Setelah 333 unit edisi terbatas tersebut ‘menguap’ dibeli para pecintanya, kini, giliran Audi R8 GT Spyder diluncurkan.
Seperti halnya versi coupe, Audi R8 GT Spyder hanya akan dijual sebanyak 333 unit. Harganya akan dibanderol 207.800 Euro atau Rp 2,6 miliar.
Sports car bertransmisi R tronic 6-speed ini membopong mesin V10, 5200 cc, FSI, dengan crankcase alumunium. Tenaga dan torsi puncak yang diletupkan 540 Nm pada 6.500 rpm dan 560 hp. Tenaganya diserahkan ke semua roda (quattro).
Akselerasi 0-100 kpj diselesaikan dalam 3,8 detik dan top speed 317 kpj.
R8 GT Spyder menganut konsep ultra-ringan. Bobotnya hanya 1.640 kg atau 85 kg lebih ringan daru R8 Spyder 5.2 quattro. Audi menggunakan komponen-komponen ringan. Misalkan saja frame mesin terbuat dari magnesium, penutup panjang di atas kompartemen atap lunak dan panel samping body bermaterial carbon fiber-reinforced polymer (CFRP).
CFRP juga digunakan untuk poiler depan, spoiler belakang dan bumper belakang. Komponen-komponen ini memberikan penghematan berat 5,5 kilogram.
Interior tersajikan dalam warna hitam dengan jahitan titanium abu-abu atau merah tua. Pelapis Alcantara ditemukan di bagian kemudi dan bingkai kaca.
Lampu depan dan belakang LED. AC, sistem navigasi satelit, sistem informasi untuk pengemudi dan sistem alarm menjadi fitur-fitur standar.
Sport car ber-audio Bang & Olufsen diperkaya dengan Bluetooth dan satu mikrophone di seatbelt untuk melayani percakapan telepon Anda.
R8 GT Spyder dibekali velg 19″ dengan ban ukuran 235/35 depan dan 295/30 belakang. Rem cakram keramik super ringan dijamin memberi daya deselerasi yang sangat baik. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
Seperti halnya versi coupe, Audi R8 GT Spyder hanya akan dijual sebanyak 333 unit. Harganya akan dibanderol 207.800 Euro atau Rp 2,6 miliar.
Sports car bertransmisi R tronic 6-speed ini membopong mesin V10, 5200 cc, FSI, dengan crankcase alumunium. Tenaga dan torsi puncak yang diletupkan 540 Nm pada 6.500 rpm dan 560 hp. Tenaganya diserahkan ke semua roda (quattro).
Akselerasi 0-100 kpj diselesaikan dalam 3,8 detik dan top speed 317 kpj.
R8 GT Spyder menganut konsep ultra-ringan. Bobotnya hanya 1.640 kg atau 85 kg lebih ringan daru R8 Spyder 5.2 quattro. Audi menggunakan komponen-komponen ringan. Misalkan saja frame mesin terbuat dari magnesium, penutup panjang di atas kompartemen atap lunak dan panel samping body bermaterial carbon fiber-reinforced polymer (CFRP).
CFRP juga digunakan untuk poiler depan, spoiler belakang dan bumper belakang. Komponen-komponen ini memberikan penghematan berat 5,5 kilogram.
Interior tersajikan dalam warna hitam dengan jahitan titanium abu-abu atau merah tua. Pelapis Alcantara ditemukan di bagian kemudi dan bingkai kaca.
Lampu depan dan belakang LED. AC, sistem navigasi satelit, sistem informasi untuk pengemudi dan sistem alarm menjadi fitur-fitur standar.
Sport car ber-audio Bang & Olufsen diperkaya dengan Bluetooth dan satu mikrophone di seatbelt untuk melayani percakapan telepon Anda.
R8 GT Spyder dibekali velg 19″ dengan ban ukuran 235/35 depan dan 295/30 belakang. Rem cakram keramik super ringan dijamin memberi daya deselerasi yang sangat baik. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
Aprilia RS4 50 2011 Sportbike untuk Para Pemula
PONTEDERA (DP) — Aprilia menawarkan Aprilia RS4 50 2011 kepada para pengendara pemula yang berusia muda.
Aprilia mengklaim RS4 50 memungkinkan para penggemar muda untuk mengambil keuntungan dari tingkat maksimum inovasi teknologi, efisiensi chassis, keselamatan aktif dan kualitas komponen.
RS4 50 menggendong mesin 50cc, 1-silinder, 2-stroke, berpendingin cair, dengan dikencani transmisi 6-speed. Chassis RS4 50 dikembangkan dari pengalaman Aprilia di World Superbike Championship dan MotoGP 125 dan 250.
Chassis ringan RS4 50 menawarkan kekakuan yang sangat tinggi. Spars terbuat dari alumunium dengan rusuk-rusuk menyilang yang kuat.
RS4 50 dibekali panel instrumen analog/digital dengan layar LCD, yang diambil dari saudaranya Aprilia RSV4.
Karakter sport bike RS4 50 diperkuat dengan desain velg 6-spoke. Pelana penumpang dibuat sedemikian rupa agar membuat nyaman. Sebuah tombol disiapkan Aprilia untuk melepas jok belakang dengan cepat dan praktis, dengan begitu Anda dapat memasang tail fairing cover. Di bawah pelana terdapat ruang penyimpanan yang lumayan untuk menyimpan benda-benda.
Aprilia menawarkan RS4 50 dengan dua pilihn warna; Racing Black dan Racing White. Keduanya merupakan replika warna Aprilia di Superbike. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
APRILIA RS4 50 – Technical specifications
Aprilia mengklaim RS4 50 memungkinkan para penggemar muda untuk mengambil keuntungan dari tingkat maksimum inovasi teknologi, efisiensi chassis, keselamatan aktif dan kualitas komponen.
RS4 50 menggendong mesin 50cc, 1-silinder, 2-stroke, berpendingin cair, dengan dikencani transmisi 6-speed. Chassis RS4 50 dikembangkan dari pengalaman Aprilia di World Superbike Championship dan MotoGP 125 dan 250.
Chassis ringan RS4 50 menawarkan kekakuan yang sangat tinggi. Spars terbuat dari alumunium dengan rusuk-rusuk menyilang yang kuat.
RS4 50 dibekali panel instrumen analog/digital dengan layar LCD, yang diambil dari saudaranya Aprilia RSV4.
Karakter sport bike RS4 50 diperkuat dengan desain velg 6-spoke. Pelana penumpang dibuat sedemikian rupa agar membuat nyaman. Sebuah tombol disiapkan Aprilia untuk melepas jok belakang dengan cepat dan praktis, dengan begitu Anda dapat memasang tail fairing cover. Di bawah pelana terdapat ruang penyimpanan yang lumayan untuk menyimpan benda-benda.
Aprilia menawarkan RS4 50 dengan dua pilihn warna; Racing Black dan Racing White. Keduanya merupakan replika warna Aprilia di Superbike. [dp/Ind]
Source: www.dapurpacu.com
APRILIA RS4 50 – Technical specifications
Engine type | Single-cylinder, two stroke, carburettor, liquid cooled. |
Bore and stroke | 39.86 x 40 mm |
Engine capacity | 49.9cc |
Compression ratio | 11.5 :1 |
Ignition | Electronic with CDI capacity discharge |
Start up | Electric |
Lubrication | Automatic mixer |
Gearbox | 6 Ratios, 1st 11/34, 2nd 15/30, 3rd 18/27, 4th 20/24, 5th 22/23, 6th 23/22 |
Primary drive | Gears, 21/78 |
Final drive | Chain, 11/53 |
Clutch | Multiplate wet clutch |
Frame | Twin spar aluminium frame |
Front suspension | 41 mm upside down fork, wheel travel 110 mm |
Rear suspension | Asymmetric swingarm with monoshock, wheel travel 130 mm |
Brakes | Front: 300 mm stainless steel disc with radial 4 piston calliper |
| Rear: 218 mm stainless steel disc and calliper with single 30 mm piston |
Wheel rims | In light alloy with 6 split spokes, with sealing profile for tubeless tyres; front: 2.75 x 17″; rear: 3.50 x 17″ |
Tyres | Front: 100/80 – 17″, rear: 130/70 – 17″ |
Dimensions | Max Length 1953 mmMax width 740 mm Max height at top fairing 1,138 mm Saddle height 820 mm Wheelbase 1,350 mm |
Fuel tank capacity | 14.5 litres (including 3.5 litre reserve) |
Emissions compliance | Euro 2 |